PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN STAMBUK 2016 UNIMED

Deri Syahputra

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Dukungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2016 Unimed . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Dukungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksposfacto. Populasi dalam penelitian sebagian mahasiswa prodi pendidikan administrasi perkantoran unimed yang berjumlah 71 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 71 mahasiswa atau random sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus product moment, dan reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus uji t, uji f, dan uji determinasi (R2). Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan bantuan aplikasi perangkat lunak SPSS 21, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 3,435 + 0,001 X1 + 0,001 X2. Selanjutnya Variabel Dukungan Keluarga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar nilai thitung > ttabel (0,389 > 0,000) dengan nilai sig α(<0,05 (0,000>0,05) dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Dukungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar mahasiswa. Selanjutnya nilai Fhitung > Ftabel (0,165 > 0,000) dengan nilai signifikan α < 0,000 < 0,05 Sehingga hipotesis menyatakan “Ada pengaruh positif dan signifikan antara dukungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Unimed Stambuk 2016.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v9i4.36431

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.