PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL STUDI EMPIRIS PADA SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran dan praktek kerja industry (prakerin) terhadap kemampuan komunikasi interpersonal studi empiris pada SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan Teknik Random Sampling, yaitu sebanyak 49 orang. Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel keaktifan siswa (X1) diperoleh thitung > ttabel (4,428 > 1,677) dan angka sig 0,000 < 0,05, berarti keaktifan siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi interpersonal. Untuk variabel prakerin (X2) nilai thitung > ttabel (3,096 > 1,677) dan angka sig 0,003 < 0,05, berarti prakerin berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Untuk uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (79,109 > 3,20) dan nilai signifikansi 95% dan α sebesar 0,05, maka 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam pembelajaran (X1) dan praktek kerja industri (X2) terhadap kemampuan komunikasi interpersonal (Y). Hasil analisis linear berganda diperoleh Y = 17,813 + 0,446 X1 + 0,322 X2 + e menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran dan praktek kerja industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi interpersonal.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/judika.v9i4.36432
Article Metrics
Abstract view : 107 timesPDF - 83 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.