HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK BM APIPSU MEDAN T.P 2017/2018

Desi Mahdalena N

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan Disiplin Belajar dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar siswa pada bidang studi Kearsipan Kelas XI AP SMK BM APIPSU Medan Tahun Ajaran 2017/2018.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Expost - Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas XI AP SMK BM APIPSU Medan yang berjumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling, artinya seluruh siswa/i XI AP menjadi sampel dengan jumlah sampel 65 orang

            Untuk mengumpulkan data penelitian Disiplin Belajar dan Minat Belajar digunakan Intrumen angket dengan jumlah 20 butir sedangkan untuk mendapatkan data prestasi belajar siswa pada bidang studi Kearsipan diperoleh dari DKN yang diberikan oleh pihak sekolah SMK BM APIPSU Medan Tahun Ajaran 2017/2018.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar dimana 0,865 >0,24 dengan N=65 pada taraf signifikansi 95 % dengan  5%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar dimana 0,797 >0,24 dengan N=65 pada taraf signifikansi 95 % dengan 5%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar dimana 4,01 >1,81 dengan N=65 pada taraf signifikansi 95 % dengan 5%.

Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara Disiplin Belajar dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar siswa kelas XI AP BM APIPSU Medan Tahun Ajaran 2017/2018 dapat diterima.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v9i3.36433

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.