PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN PENGGUNAAN INTERNET PADA ERA MILENIAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI PERAKNTORAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2019/2020

Mirnawati Mirnawati

Abstract


Masalah dalam penelitian  ini adalah rendahnya hasil belajar teknologi perkantoran siwa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan  penggunaan internet pada era milenial secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas  X OTKP SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian  ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP sebanyak 6 kelas sejumlah 204 orang, dengan jumlah sampel  yaitu 2 kelas sebanyak 69 orang, dengan teknik sampel random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus Product Moment Person, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus  Cronbach  Alpha. Kemudian dilakukan  uji asumsi klasik, dan selanjutnya dianalisis dengan uji regresi, uji t (uji parsial), uji f (uji simultan), dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel lingkungan belajar (X1) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan hasil belajar (Y)  dengan nilai 0,167 dan memiliki pengaruh signifikan karena t hitung > t tabel   yaitu 2,473 > 1,99656. Sedangkan  variabel penggunaan internet  (X2) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan hasil belajar (Y) dengan nilai 0,782 dan memiliki pengaruh signifikan karena t hitung    > t tabel    (6,012 > 1,99656). Sementara secara simultan variabel X1, X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan F hitung  yang sebesar 26,543 yang lebih besar dari F tabel yaitu 3,13. Lingkungan belajar, penggunaan interenet memiliki determinasi sebesar 4, 46 terhadap hasil belajar, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan penggunaan internet pada era milenial terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v9i4.36434

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.