PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMKS PRAYATNA 1 MEDAN T.P. 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran Sarana Prasarana di SMKS Prayatna 1 TP 2019/2020. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh fasilitas belajar dan kemandirian belajar secara parsial maupun secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran Sarana Prasarana.Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMKS Praytna 1 Medan tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 104, dengan sampel yang di gunakan sebanyak 51 siswa yang diambil menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) secara parsial untuk variabel fasilitas belajar diperoleh nilai thitung > ttabel (2.431>1,677) pada taraf signifikansi (5%) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya variabel fasilitas belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. 2) secara parsial untuk variabel kemandirian belajar diperoleh nilai thitung > ttabel (4.413> 1,677) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya kemandirian belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, 3) secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (10,842>1,60) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Artinya Ha1.2 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis ketiga yang menyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa diterima, besarnya pengaruh antara fasilitas belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar dihitung dengan uji determinasi yaitu sebesar 52,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian mengenai fasilitas belajar dan kemandirian belajar memiliki pengaruh yang cukup kuat dengan nilai determinasi sebesar 52,7% terhadap prestasi belajar siswa kelas XI AP SMKS Prayatna 1 Medan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/judika.v9i3.36435
Article Metrics
Abstract view : 150 timesPDF - 105 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.