PENGARUH GAYA BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI AP DI SMK SW RIS MADUMA SUMBUL T.A 2017/2018
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh gaya belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran administrasi perkantoran kelas xi di Smk Sw Ris Maduma Sumbul T.P 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI SMK SW Ris Maduma Sumbul T.P 2017/2018 di Jalan Besar Negeri Dolok pada semester ganjil T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah ex psot facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI dengan jumlah 60 orang siswa. Sedangkan tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling sehingga jumlah sampel yang diteliti adalah 60 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengukur minat belajar siswa berbentuk angket sebanyak 20 butir variabel dan 20 butir variabel dan 25 butir variabel YDari hasil perhitunganan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan
Y = a + b1X1 + b2X2 Y =37,236+ 0,404X1 + 0,295X2 Berdasarkan uji t (Parsial) ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap minat belajar dengan perhitungan thitung> t tabel atau 3.189 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0.05 sama halnya dengan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dan minat belajar siswa dengan perhitungan t hitung> t tabel (2.380> 1.672). dengan nilai signifikansi 0,021 < 0.05. ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap minat belajar siswa melalui uji F (Simultan) dengan perhitungan fhitung > ftabel atau (56.066> 3.16) dan nilai sig. Sebesar 0,000 < 0,05.Jadi dapat disimpulkan bahwa variable gaya belajar (X1), persepsi siswa tentang kompetensi guru (X2) ,mempunyai pengaruh secara positif dan signifikan terhadap variable minat belajar (Y) baik secara parsial maupun simultan.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/judika.v9i3.36437
Article Metrics
Abstract view : 37 timesPDF - 62 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.