ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LAPS HEURISTIK DAN MODEL PEMBELAJARAN IOC(INSIDE OUTSIDE CIRCLE) PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X SMK SWASTA JAMBI MEDAN TP.2019/2020

Diana Novita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan dua model pembelajaran yang berbeda. Model pembelajaran LAPS Heuristik dan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC)di kelas X AP mata pelajaran Kearsipan SMKS Jambi Medan TP.2019/2020.

            Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP di SMKS Jambi Medan yang berjumlah 75 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik total sampling dimana seluruh populasi yang berjumlah 75 orang dijadikan sample penelitian. Kelas X OTKP-1 (Eksperimen-1) menggunakan model LAPS-Heuristik dan X OTKP-2 (Eksperimen-2) menggunakan model IOC. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang telah diuji validitasnya dengan 4 pilihan jawaban yaitu a,b,c,d dan e.

            Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas LAPS Heuristik sebesar 86,48 dengan standar deviasi sebesar 6,33. Sedangkan nilai rata-rata kelas IOC adalah sebesar 81,84 dengan standar deviasi 6,51.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,31 dan ttabel 1,6678. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,31>1,6678). maka hipotesis diterima.

            Dari hasil penelitian tesebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam penggunaan model pembelajaran LAPS Heuristik dan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X AP SMKS Jambi Medan TP.2019/2020. 

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v10i1.36446

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.