PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN SMK NEGERI 1 KISARAN T.P 2019/2020

Dwi Lestari

Abstract


Penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 1 Kisaran ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan mengetahui perbedaan model pembelajaran Inquiry Learning dan Role Playing terhadap hasil belajar.

Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP di SMK Negeri 1 Kisaran TP. 2019/2020 yang berjumlah 132 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total berupa sampel yang diambil dari dua kelas yaitu kelas XI AP-3 dan kelas XI AP- 4 sebanyak 64 orang. Instumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda, yaitu untuk soal pre-test dan post-test sebanyak 30 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diuji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.

Dari hasil analisis data kelas eksperimen I nilai rata-rata pre-test dan post- tes yaitu 44,09 dan 85,15. Sedangkan pada kelas eksperimen II nilai rata-rata pre- test dan post-tes yaitu 39,83 dan 80,48. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang di lakukan di peroleh thitung = 2,818 dan ttabel 2,0002. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat di simpulkan thitung > ttabel yaitu 2,818 > 2,0002. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat di tentukan bahwa, jika thitung > ttabel maka hipotesis di terima. Dapat di simpulkan hasil belajar OTK Humas dan Keprotokolan yang di ajar dengan model Inquiry Learning  lebih tinggi secara signifikan di banding hasil belajar OTK Humas dan Keprotokolan yang di ajar dengan menggunakan model Role Playing pada siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Kisaran T.P 2019/2020.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v10i1.36448

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.