PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK BM PANCA BUDI MEDAN TP.2019/2020

Dwi Putri Utami Lestari

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum. Penelitian yang dilakukan di SMK BM Panca Budi Medan ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan mengetahui perbedaan model pembelajaran Numbered Head Together dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar.

   Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP di SMK BM Panca Budi Medan TP. 2019/2020 yang berjumlah 90 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total berupa sampel yang diambil dari dua kelas yaitu kelas X AP 1 dan kelas X AP 2 sebanyak 90 orang. Instumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa  dalam bentuk pilihan berganda, yaitu untuk soal  pre-test dan post-test sebanyak 25 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diuji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.

                Dari hasil analisis data kelas eksperimen I nilai rata-rata pre-test dan post-tes yaitu 59,58 dan 81,25. Sedangkan pada kelas eksperimen II nilai rata-rata pre-test dan post-tes yaitu 64,44 dan 74,72. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang di lakukan di output Pair 1 diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, output Pair 2 diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 Berdasarkan pembahasan output Pair 1 dan Pair 2 dapat di simpulkan hasil belajar administrasi umum yang di ajar dengan model numbered head together lebih tinggi secara signifikan di banding hasil belajar administrasi umum yang di ajar dengan menggunakan model problem based learning pada siswa kelas X AP SMK BM Panca Budi Medan T.P 2019/2020.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v10i1.36449

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 1593 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.