PENGARUH FASILITAS SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI INDONESIA DI SMK NEGERI 6 MEDAN

Elfrida Lumban Gaol

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya prestasi belajar siwa pada mata pelajaran Korespondensi Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar Korespondensi Indonesia siswa kelas X di SMK Negeri 6 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang, yang diambil dengan Teknik Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel kompetensi kepribadian guru (X1) diperoleh thitung > ttabel (3,999 > 1,674) dan angka sig 0,000 < 0,05 berarti kompetensi kepribadian guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Untuk variabel gaya belajar siswa (X2) nilai thitung > ttabel (6,539 > 1,674) dan angka sig 0,000 < 0,05 berarti gaya belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Untuk uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (58,187 > 3,18) pada taraf signifikansi 95%  yaitu 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru (X1) dan gaya belajar siswa (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Hasil analisis linear berganda diperoleh Y = 39,028 + 0,228X1 + 0,308X2 menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru dan gaya belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v10i1.36450

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.