HUBUNGAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN

Lenny Rhamasuci

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan fasilitas laboratorium komputer dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa.Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi guru dan calon guru untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dibidang pendidikan secara teori maupun aplikasi dalam pendidikan mengenai hubungan fasilitas laboratorium komputer dan meningkatkan minat belajar siswa dalam belajar sehingga hasil belajar yang dicapai dapat maksimal. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas X OTKP 1 dan OTKP 2 yang terdiri 68 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket fasilitas laboratorium komputer  dalam bentuk angket sebanyak 21 item dan angket minat belajar sebanyak 20 item. Sebelum angket diberikan pada sampel sesungguhnya, maka angket ini diuji cobakan terlebih untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas.Uji asumsi klasik yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial ( uji t ), uji hipotesis secara simultan ( uji f ) dan uji determinasi ( R2). Dari hasil analisis data dengan pengujian parsial fasilitas laboratorium komputer (X1) nilai thitung> ttabel (3,168 > 1,99714) dan uji parsial minat belajar (X2) nilai thitung> ttabel (2, 504  > 1,99714), berarti bahwa jika siswa dapat memiliki minat belajar yang baik maka meningkatkan hasil belajar siswa. Pengujian secara simultan Fhitung adalah sebesar 6, 354. Maka dari hasil tersebut nilai Fhitung> Ftabel  (6,354 > 3,14). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa fasilitas laboratorium komputer dan minat belajar siswa memiliki hubungan terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X jurusana otomatisasi tata kelola perkantoran SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v10i4.36457

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.