PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AP SMKS JAMBI MEDAN T.A 2019/2020

Lilys Sinurat

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Kewirausahaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Jambi Medan dengan populasi sebanyak 60 siswa dan sampel yang diambil adalah sebanyak 60 siswa masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah diuji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan meggunakan rumus uji t” kelas eksperimen diberi perlakuan dengan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Contextual Teaching and Learning dan kelas kontrol dengan Model Pembelajaran Konvensional.
Dari Hasil penelitian untuk eksperimen rata-rata pretest sebesar 40.33 dan nilai rata-rat post-test adalah 83.33 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kontrol adalah 39.5 dan untuk nilai post-test adalah 80,33.Persentase peningkatan hasil belajar pada eksperimen sebesar 51,60% dan pada persentase peningkatan hasil belajar pada kontrol sebesar 50,82%.%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 1,807 dan ttabel sebesar 1,671. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (1,807 > 1,671) maka hipotesis diterima.
Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI AP di SMKS Jambi Medan T.P 2019/2020”.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v10i4.36459

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.