PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Dan Numbered Head Together. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Korespondensi Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan dengan populasi sebanyak 126 siswa dan sampel yang diambil adalah sebanyak 60 siswa masing-masing berjumlah 30 orang. Isntrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah diuji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan meggunakan rumus uji t” kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan Model Pembelajaran Cooperative Script dan kelas eksperimen 2 dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together. Dari Hasil penelitian untuk eksperimen 1 rata-rata pretest sebesar 40.33 dan nilai rata-rat post-test adalah 83.33 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk eksperimen 2 adalah 39.5 dan untuk nilai post-test adalah 80,33.Persentase peningkatan hasil belajar pada eksperimen sebesar 51,60% dan pada persentase peningkatan hasil belajar pada eksperimen II sebesar 50,82%.%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 1,807 dan ttabel sebesar 1,671. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (1,807 > 1,671) maka hipotesis diterima. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan Model Pembelajaran Cooperative Script Dan Model Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Indonesia Siswa Kelas X AP SMK N 1 Medan T.P 2018/2019”
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/judika.v10i4.36460
Article Metrics
Abstract view : 98 timesPDF - 68 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.