PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN STUDENTFACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X AP SMK SWASTA DI MEDAN T.P 2018/2019

Khairunnisa Khairunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa di Kelas X AP SMK Swasta Taman Siswa dan di SMK Swasta Jambi Medan pada mata pelajaran korespondensi dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Model Student Facilitator and Explaining (SFAE). Penelitian ini merupakan penelitian komparasi untuk menemukan  suatu perbedaan antara penggunaan model pembelajaran STAD dan SFAE. Hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran STAD dan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran SFAE.  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 dan X AP 2  dari SMKS Jambi berjumlah masing-masing 32 dan siswa Kelas X AP 1 dan X AP 2 di SMKS Taman Siswa yang berjumlah masing-masing 33 orang siswa. Objeknya adalah hasil belajar yang menggunakan test pilihan berganda dengan lima opsi. Data kemudian diolah dengan software statistik SPSS ver 24 meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan Uji t-tes. Pada analisis pengujian t-tes hasil belajar siswa di Sekolah pertama SMK Swasta Jambi diperoleh nilai Sig. 0,031 artinya   (0,031 < 0,05) dan thitung > ttabel (2,258 > 1.694). Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dimana Ha berbunyi ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi menggunakan model pembelajaran STAD dan model pembelajaran SFAE di SMK Swasta Jambi Medan.  Kemudian pada hasil analisis pengujian t-tes hasil belajar siswa di Sekolah kedua di SMK Swasta Taman siswa diperoleh nilai Sig. 0,035 artinya (0,035 < 0,05) dan thitung > ttabel (2,196 > 1.964). Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dimana Ha berbunyi ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi, antara penerapan model pembelajaran STAD dan dengan model pembelajaran SFAE di SMK Swasta Taman Siswa Medan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Student Facilitator and Explaining (SFAE) di Kelas X AP SMK Swasta di Medan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v10i4.36461

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.