HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN MANAJEMEN KELAS DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI DI SMK SWASTA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Irdina Raudha Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan manajemen kelas dan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI di SMK Swasta Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan penerapan manajemen kelas dan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar kewirausahaan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Swasta Taman Siswa Medan tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 63, dengan sampel yang di gunakan keseluruhan dari populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

                Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) secara parsial untuk variabel Penerapan Manajemen Kelasdiperoleh nilai thitung> ttabel (1.702>1,670) pada taraf signifikansi 5%)  maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya variabel Penerapan Manajemen Kelas memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. 2) secara parsial untuk variabel keterampilan mengajar guru diperoleh nilai thitung> ttabel (2.915>1,670) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya keterampilan mengajar guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, 3) secara simultan diperoleh nilai Fhitung> Ftabel (4.812>1,63) dengan nilai signifikan 0,005< 0,05. Artinya Ha1.2 diterima.sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis ketiga yang menyatakan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara PenerapanManajemen Kelasdan keterampilan Mengajar Guru secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa diterima, besarnya hubungan antara sumber belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar dihitung dengan uji determinasi yaitu sebesar 46,6%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v10i3.36462

Article Metrics

Abstract view : 118 times
PDF - 904 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.