PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI SMK SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BANGSA KUALA T.P 2018/ 2019

Gita Febrina

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dilaksanakan di SMK YPHB Kuala yang beralamat di di jalan Binjai – Kuala, km 18,5. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-AP1(eksperimen) yang berjumlah 30 dan kelas X AP2 (kontrol) yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian ini digunakan untuk mengambil data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dari 25 soal pilihan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 5 pilihan jawaban.

    Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 85 dengan standar deviasi 6,297. Sedangkan nilai rata rata kelas kontrol adalah 59,33 dengan standar deviasi 12,83. Berdasarkan pengujian hipotesis satu arah diperoleh t(0,95)(58) sebesar 1,671 dengan perhitungan interpolasi linear. Dimana hasil perhitungan thitung >ttabel (6,5900 >1,674), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi kelas X di SMK Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala Tahun Ajaran 2018/2019. Dan hasil belajar dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick lebih tinggi dibandingkan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Korespondensi di kelas X AP SMK YPHB Kuala. T.A 2018/2019


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v10i3.36463

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.