PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.P 2018/2019
Abstract
mengetahui pengaruh literasi ekonomi dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi guru dan calon guru untuk lebih melek ekonomi dan meningkatkan serta menerapkan kompetensi profesional guru dalam belajar sehingga hasil belajar yang dicapai dapat maksimal.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI AP SMK Swasta Jambi Medan Tahun pelajaran 2018/2019. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas X1 AP 1 dan X1 AP 2 yang terdiri 71 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes literasi ekonomi dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item dan angket kompetensi profesional guru sebanyak 20 item.
Metode yang digunakan adalah eksposfacto dengan menggunakan Uji Asumsi Klasik. Diantaranya adalah dengan melakukan uji normalitas (0,200>0,05), uji linieritas (X1 = 0,607>0,05, X2 = 0,673>0,05), dan uji multikolinieritas (Tolerance = 0,532>0,10, VIF= 1,879<10).
Persamaan regresi linier berganda menunjukkan Y = a + b1X1 + b2X2 adalah Y = 17,108 + 0,359 X1 + 0,518 X2 + e. Hasil uji t (persial) menunjukkan literasi ekonomi analisa data menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Secara simultan, kategori literasi ekonomi dan kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar sebesar 64,7% dan sedangkan 35,3% lainnya di pengaruhi oleh faktor-faktor lainnya diluar penelitian.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/judika.v10i3.36464
Article Metrics
Abstract view : 232 timesPDF - 188 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.