PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KORESPONDENSI INDONESIA DI SMK BM SINAR HUSNI T.A 2017/2018

Karolina Purba

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Korespondensi Indonesia siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction dan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar Korespondensi Indonesia siswa kelas X SMK BM Sinar Husni, Tahun Ajaran 2017/2018.

                Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang  berjumlah 140 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X AP 1 (Eksperimen I ) yang berjumlah 35 orang dan X AP 3 (Eksperimen II) yang berjumlah 35 orang. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes  hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji normalitas adalah Kolmogorov Smornov dengan kriteria thitung> ttabel pada taraf α = 0,05 dan uji homogenitas menggunakan uji F(Levene) dengan kriteria Fhitung > Ftabel pada taraf α = 0,05, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji partial (t) dengan kriteria pengujian adalah t hitung> t tabel dan menggunakan uji simultan (F) dengan ketentuan F hitung> F tabel pada taraf α = 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung eksperimen I adalah sebesar 3,608 dengan ttabel sebesar 1,689. Hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel (3,608>1,689) dengan signifikan α 0,000 < 0,05. Nilai thitung eksperimen II adalah sebesar 2,486 dengan ttabel sebesar 1,689. Hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel (2,486> 1,689) dengan signifikan 0,003< 0,05.Nilai Fhitung  adalah sebesar 7,854. Sedangkan Ftabel dihitung dengan ketentuan yaitu taraf signifikansi 95% dan taraf α 0,05, serta derajat kebebasan (dk)  dengan ketentuan n-3 = 70-3 = 67. Dengan ketentuan tersebut diketahui nilai Ftabel sebesar 3,13. Dengan demikian nilai Fhitung = 7,858 dikonsultasikan dengan Ftabel = 3,13 sehingga didapat nilai Fhitung = 7,858>Ftabel = 3,13.

                Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa : ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Explicit Instruction dan Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Korespondensi Indonesia kelas X SMK BM Sinar Husni Tahun Ajaran 2017/2018.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v10i3.36468

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.