ANALISIS PENERAPAN AUTHENTIC ASSESMENT DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN T.A 2019/2020

Tanti Syahfitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan penilaian autentik dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar administrasi perkantoran kelas XI pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian SMK BM Panca Budi Medan.

                Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI administrasi perkantoran dengan jumlah sampel 45 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Angket yang disebarkan sebanyak 25 item untuk angket Authentic Assesment dan 24 item untuk Kreativitas Siswa. Sebelum dilakukannya penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba validitas dan reliabilitas instrument penelitian yang dilaksanakan SMK BM Panca Budi Medan. Dapat dijelaskan bahwa hasil validitas angket Authentic Assesment dari 25 pertanyaan hanya 23 yang dapat dinyatakan valid dan terdapat 2 butir pertanyaan yang dinyatakan tidak valid dan untuk reliabilitas angket Authentic Assesment dengan hasil 0,791 maka dapat dikatakan reliabel. Sedangkan hasil validitas angket Kreativitas Siswa dari 24 butir pertanyaan hanya 21 pertanyaan yang dapat dinyatakan valid dan terdapat 3 butir pertanyaan yang dinyatakan tidak valid dan untuk reliablitas angket Kreativitas Siswa dengan hasil 0,874 maka dapat dikatakan reliabel. Kemudian dilakukan uji normalitas dengan hasil 0,460 > 0,05 dapat dikatakan bahwa data berdistribusi normal, linearitas  dengan hasil 1, 396 < 3,22 maka terdapat hubungan linear dan multikolinearitas dengan hasil nilai VIF 1,440 < 10 dan nilai Tolerance 0,826 > 0,1 maka tidak terjadi multikolinearitas. Teknik Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji hipotesis secara partial (Uji-t) uji hipotesis secara simultan (Uji-F) dan uji determinasi (R2)

                Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 47,043 + 0,360 X1 + 1,003 X2 Uji-t pada variabel bebas dengan hasil (3,548 X1 + 6,007 X2 > 1,682), hal ini menunjukkan bahwa thitung  > ttabel sedangkan hasil uji-F dengan nilai sebesar (52,485 > 3,22). Determinasi (R2) diperoleh R square sebesar 0,679. Bedasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Authentic Assesmnet memiliki pengaruh terhadap hasil belajar administrasi perkantoran kelas XI pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian SMK BM Panca Budi Medan T.A 2019/2020.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v11i1.36474

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.