PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AP SMK TAMAN SISWA MEDAN T.A 2017/2018

Fransissco Butarbutar, Franssisco Butarbutar

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa di SMK Taman Siswa Medan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan Siswa Kelas XI AP SMK Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2017/2018.   Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa Medan yang beralamat di Jalan Sabaruddin No. 08 Medan dengan mengambil sampel sebanyak 80 siswa, pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar berupa angket atau kuesioner. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan hasil dari 15 instrumen penggunaan media pembelajaran terdapat 15 soal yang valid . Instrumen motivasi belajar dari 15 instrumen terdapat 15 soal yang valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas penggunaan media pembelajaran dimana rhitung > rtabel yaitu sebesar 0.724 >0.312 dan untuk reliabilitas motivasi belajar dimana rhitung > rtabel yaitu sebesar 0.767 >0.312.  Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikan alpha 5 %. Hasil yang diperoleh menunjukkan penggunaan media pembelajaran berpengaruh secara positif dan signifikan dimana thitung> ttabel yaitu sebesar 5,876 >1,665. Dan motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan dimana thitung> ttabel yaitu sebesar 5,991 >1,665. Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI AP SMK Taman Siswa Medan. Dengan nilai Fhitung sebesar 62,367. Dimana Fhitung > Ftabel yaitu 62,367 >3,12. Persentase sumbangan pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan  siswa sebesar 61,8 %.   Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajaran terhadap prestasi belajar siswa di SMK Taman Siswa Medan T.P 2017/2018.

Keywords


penggunaan meda pembelajaran, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v10i2.36486

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.