PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN KORESPONDENSI SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2019/2020

Monalisa Sagala, Sri Mutmainnah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi professional guru dan pemberian reward terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi SMK N 7 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMK N 7 Medan Kelas X Otomatisasi Tata Kelola dan Perkantoran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP 1 dan X OTKP 3, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total (total sampling) yaitu berjumlah 71 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS versi 21.00 for windows 10.Untuk mengetahui hipotesis berpengaruh maka digunakan uji t dengan taraf signifikan 95 % dan alpha 5 %. Dari hasil tersebut diperoleh untuk variabel kompetensi Profesional Guru (X1) dengan hasil belajar  (Y) diperoleh thitung > ttabel  sebesar 2,829 > 1,99547) dengan signifikan 0,006 <0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa kompetensi professional guru (X1)  berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y). Selanjutnya untuk pemberian reward (X2) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh thitung > ttabel    sebesar 3,707 > 1,99547 dengan signifikan 0,00 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa pemberian reward (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y).Dan untuk mengetahui apakah hipotesis ketiga berpengaruh digunakan uji F simultan, hasilnya diperoleh Fhitung > Ftabel sebesar 10,233 > 3.13 dengan signifikansi 0,00 < 0,05 hal ini berarti  hipotesis ketiga diterima yang menjelaskan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Kompetensi Profesional Guru dan Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKP SMK N 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan  hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi professional guru dan pemberian reward berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Korespondensi  kelas X  OTKP SMK N 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020

Keywords


Kompetensi Profesional Guru, Pemberian Reward, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Febianti, 2018. Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward and Punishment Yang Positif. p-ISSN 2337-571X | e-ISSN 2541-562 X. Volume 6, Nomor 2

Yusvidha Ernata. 2017. Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment di SDN Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. P-ISSN: 2338-1140 E-ISSN: 2527-3043. Volume 5, Nomor 2.

Kusyairy Umi dan Sulkipli. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward and Punishment. p-ISSN 2355-5785 E-ISSN 2550-0325 Volume 6 Nomor 2.

Pandiangan Andre, 2019. Hubungan Keterampilan Komunikasi Guru Mengajar dan Reward System dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI TKJ dan TKR di SMK Yapim Taruna Sei Rotan T.A 2018/2019. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Wau, 2017. Profesi Kependidikan. Medan. Unimed Press.

Suyanto dan Jihad, 2013. Menjadi Guru Profesional. Erlangga.

Devi Sintia, 2019. Pengaruh Kompetensi Profesionalisme Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI di MAN Batu Bara T.P 2019/2020. Skripsi. Universitas Negeri Medan

Wulandari Bekti, 2013. Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Vol 3, Nomor 2.

Sutrisno, Valiant Lukad Perdana, 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. p-ISSN: 2088-286, e-ISSN: 2476-9401. Volume 6, Nomor 1.

Aritonang Keke, 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Nomor 10.

Hasan Muhammad, 2017. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa. Volume 5 Nomor 2.

Rahayu dan Thomas, 2017. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Pada Mata Pelajaran Ekonomi. p-ISSN 2252-6544 e-ISSN 2502-356X.

Muhammad Hasan, 2017. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Gowa, Volume 5 Nomor 2.




DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v11i2.41611

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF - 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.