Analisis Penyimpanan Arsip Pada PT. Bank Jatim Cabang Jakarta

Kayla Luna Bimantaro, Christian Wiradendi Wolor, Marsofiyati Marsofiyati

Abstract


Sistem kearsipan yang baik ialah sistem yang mudah dilaksanakan, sehingga tidak menimbulkan kesulitan, baik dalam penyimpanan, maupun pengambilan arsip. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem penyimpanan dokumen agar dapat meningkatkan efektivitas kerja, untuk mengetahui efektivitas kerja dapat berjalan dengan lancar jika penyimpanan dokumen dilakukan menggunakan sistem elektronik. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian dengan membandingkan teori-teori yang ada dengan kenyataan dilapangan, lalu menganalisanya dalam bentuk verbal. Sedangkan, dalam pengumpulan data-data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumen instansi, serta analisis data mulai dari pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan mengenai efektivitas pengelolaan arsip pada PT. Bank Jatim Cabang Jakarta dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengelolaan arsip yang dilakukan di PT. Bank Jatim Cabang Jakarta meliputi penyimpanan, peminjaman, penemuan kembali, pemeliharaan, dan penyusutan arsip, Penyimpanan arsip di Bank Jatim Cabang Jakarta menggunakan sistem tanggal. Di dalam menyimpan arsip, petugas arsip memisahkan arsip aktif dan ars ip inaktif agar tidak bercampur menjadi satu, Penemuan kembali arsip di Bank Jatim Cabang Jakarta menggunakan tanggal surat yang merujuk pada buku agenda dan mencari surat berdasarkan indeks.


Keywords


Sistem Penyimpanan, Arsip

Full Text:

PDF

References


Muksan. (2007). efektivitas kerja sistem penyimpanan arsip. EFEKTIFITAS PENGELOLAAN ARSIP DI KANTOR KECAMATAN GUNUNGPATI, SEMARANG, 50-72.

Pamungkas, N. (n.d.). Bagaimana sistem penyimpanan arsip. EFEKTIVITAS SISTEM PENYIMPANAN ARSIP DI KANTOR, 6.

PrimaDoc. (2020, July 7). Sistem Penyimpanan Arsip. Retrieved from Macam-macam Sistem Penyimpanan Arsip: https://primadoc.id/macam-macam-sistem-penyimpanan-arsip/

Reni Juliathi, & Nifi Lamingthon. (2021). bagaimana sistem penyimpanan arsip dalam mencapai efektivitas kerja. PELAKSAAAN MANAJEMEN ARSIP DALAM MENINGKATKAN, 4.

Abubakar, Hadi. 1997, Cara-cara Pengolahan Arsip Yang Praktis Dan Efisien. Jakarta : Djambatan




DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v12i1.47918

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.