Analisis Keterampilan Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Istiqlal Deli Tua T.A 2020/2021

Rana Nabila, Sri Mutmainnah, Dodi Pramana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah keterampilan mengajar guru dan  media pembelajaran e-learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XI OTKP SMK Istiqlal Deli Tua T.A 2020/2021. Jenis Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 64 siswa, yang dimana seluruh populasi merupakan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, penyebaran kuesioner angket dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisis butir kuesioner ini menggunakan rumus korelasi Product Moment, reliabilitas dilakukan uji menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Multikolinieritas, analisis Regresi Linear Berganda, Uji T, Uji F, dan Uji Determinasi. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 20 menunjukkan hasil regresi berganda diperoleh Y = 24,148 + 0,427 X1 + 0,277 X2 + e. Hasil uji t menunjukkan Keterampilan Mengajar Guru (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar (Y) dengan perolehan nilai thitung 3.897 > ttabel 1,999 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 . Kemudian Media Pembelajaran E-learning (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar (Y) dengan perolehan thitung 2.985 > ttabel 1,999 dengan signifikansi 0,004 < 0,05,. Selanjutnya nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,326 atau 32,6% variabel X memengaruhi variabel Y dan sisanya sebesar 68% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. dari hasil penelitian maka dibuktikan bahwa Keterampilan Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran E-learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap hasil belajar mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XI OTKP SMK Istiqlal Deli Tua T.A 2020/2021.


Keywords


Keterampilan Guru, E-Learning, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalyono, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2012). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Darmawan, D. (2016). Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran (Pernannya Sangat Penting Dalam Memenuhi Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2003). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanum, F. (2015, Januari-Juni). 1) Kontribusi Minat Belajar Dan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan Smk Negeri 1 Air Putih Kabupaten Batubara Sumatera Utara. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 3.

Kamus Besar bahasa Indonesia. (2007). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Khuluqo, I. E. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusnadi. (2012). Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan. Pekanbaru: Pustaka Riau.

Kusumadewi, W. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Kelas X Di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal IT-Edu, 1, 104.

Marlena, E. (2016). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Dengan Rumus Bangun Datar . Jurnal Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8, 2.

Mulyasa, E. (2012). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nasution, S. (2009). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurlaili. (2018). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Perspektif Guru Pamong Pada Mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 4, 36.

Ramadhani, M. (2012). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada. Yogyakarta: Skripsi : Universitas Negeri Yogyakarta.

Riyanto, Y. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.

Rusman. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2019). Media Pengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatid, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.

Sutanta, E. (2009). Konsep dan Implementasi E-Learning. Yogyakarta: IST Akprind.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uno, H. B. (2012). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2016). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, M. U. (2017). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Warsita, B. (2011). Pendidikan Jarak Jauh : Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yahdi, M. (2013). Pembelajaran Micro Teaching. Makasar: Alauddin University Press.

Yaumi, M. (2012). Daras Desain Pembelajaran Efektif. Makasar: Alauddin Universitas Press.




DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v12i1.47920

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.