PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KUIS BERBASIS KAHOOT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS XI MPLB DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.24114/judika.v12i2.54244Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kuisberbasis kahoot dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTKHumas dan Keprotokolan kelas XI MPLB Di SMK Negeri 1 Medan. Jenis penelitian iniadalah eksperimen. Hasil penelitian diperoleh rerata pretest siswa kelas eksperimen dankontrol berturut-turut =58,82 dengan SD =8.444 dan 58,29 dengan SD =8.907, sedangkannilai setelah menggunakan aplikasi kahoot =83,97 dengan SD =10.715, dan powerpoint=75,14, dengan SD =9.274. Diperoleh bahwa data hasil belajar siswa yang menggunakankahoot dan minat tinggi =87,17 dan minat rendah =74,54 lebih besar dari hasil belajar siswayang menggunakan powerpoint dan minat tinggi =76,05 dan minat rendah =74,37 dengannilai sig. 0,008, jadi, hipotesis tersebut menolak H0 dan menerima Ha. Simpulan, bahwaterdapat pengaruh interaksi antara penggunaan media kuis berbasis kahoot dan minat belajarterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan.Downloads
Published
2023-12-11
Issue
Section
Articles