PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MPLB PADA ELEMEN PEMBELAJARAN PROSES BISNIS DI BIDANG MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS SMKS BUDI AGUNG MEDAN T.A 2023-2024
Abstract
Tujuan penelitian ini guna dapat mengidentifikasi hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Minat
Belajar. Penelitian ini ialah penelitian eksperimen, masalah pada penelitian ini
yakni minimnya hasil belajar proses bisnis siswa kelas X MPLB pada mata
pelajaran Dasar-dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Penelitian ini
dilakukan di SMK Swasta Budi Agung Medan yang berlokasi di Jl. Platina
Raya No.7 Rengas Pulau Kec. Medan Marelan, dengan jumlah populasi 78 dan
jumlah sampel yaitu 26 orang sebanyak 1 kelas. Instrumen yang dipakai guna
dapat mengidentifikasi hasil belajar siswa ialah tes berbentuk pilihan berganda
sejumlah 25 soal yang setelah di uji validitas menjadi 20 soal, kemudian diuji
reliabilitas, tingkat kesukaran juga uji daya beda tes. Teknik analisis data yang
dipakai yaitu uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan memakai
rumus uji t. penelitian ini dibuat hanya di kelas eksperimen dengan penerapan
Model pembelajaran Problem Based Learning dan Minat Belajar.
diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Minat
Belajar. Penelitian ini ialah penelitian eksperimen, masalah pada penelitian ini
yakni minimnya hasil belajar proses bisnis siswa kelas X MPLB pada mata
pelajaran Dasar-dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Penelitian ini
dilakukan di SMK Swasta Budi Agung Medan yang berlokasi di Jl. Platina
Raya No.7 Rengas Pulau Kec. Medan Marelan, dengan jumlah populasi 78 dan
jumlah sampel yaitu 26 orang sebanyak 1 kelas. Instrumen yang dipakai guna
dapat mengidentifikasi hasil belajar siswa ialah tes berbentuk pilihan berganda
sejumlah 25 soal yang setelah di uji validitas menjadi 20 soal, kemudian diuji
reliabilitas, tingkat kesukaran juga uji daya beda tes. Teknik analisis data yang
dipakai yaitu uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan memakai
rumus uji t. penelitian ini dibuat hanya di kelas eksperimen dengan penerapan
Model pembelajaran Problem Based Learning dan Minat Belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/judika.v12i2.54247
Article Metrics
Abstract view : 78 timesPDF - 75 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.