Pengaruh Tingkat Disiplin Belajar Siswa Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

Sirin Muthiah, Nelly Armayanti

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai hasil belajar siswa yang rendah. Disebabkan karena disiplin belajar siswa yang kurang dalam menaati peraturan-peraturan disekolah, selain itu juga fasilitas belajar yang masih kurang lengkap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Disiplin Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Pematangsiantar T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif dengan metode Ex-Post Facto dengan Populasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Pematangsiantar T.A 2023/2024. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling dengan jumlah responden 64 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil uji t (parsial) Tingkat Disiplin Belajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa (Y) dengan memperoleh nilai thitung > ttabel (1,810 > 1,671), serta nilai signifikansi < 0,05 (0,015 < 0,05). Kemudian Fasilitas Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar (Y) dengan perolehan nilai thitung > ttabel (1,933 > 1,671), serta nilai signifikansi < 0,05 (0,018 < 0,05). Untuk hasil uji f (Simultan) mendapatkan hasil bahwa FHitung > FTabel yaitu (5,158 > 3,15). Dengan perolehan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar R2 = 0,245 atau 24,5% variabel X mempengaruhi variabel Y Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Tingkat Disiplin Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Pematangsiantar T.A 2023/2024. Dari hasil simpulan disarankan agar siswa untuk lebih menerapkan disiplin pada diri sendiri, serta fasilitas belajar yang ada membantu secara optimal guna untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v13i1.59561

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.