PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR

Diva Rivera, Irwansyah .

Abstract


Mengetahui bagaimana siswa yang menerima pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran Small Group Discussion dan Reward Giving menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian ini bersifat eksperimen, permasalahannya adalah guru belum menerapkan strategi pembelajaran yang kreatif dan aktif atau menerapkan reward secara konsisten sehingga berdampak pada hasil belajar Office Basics siswa kelas X MPLB. Penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 7 Medan ini berjumlah 35 anak yang dipilih sebagai sampel dengan jumlah populasi sebanyak 211 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest siswa adalah 60,9 Sedangkan ratarata nilai posttest siswa adalah 75. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatannya mencapai 23%. Data pretest dan posttest mempunyai data yang berdistribusi teratur, sesuai perhitungan normalitas nilai pretest Lhitung < Ltabel, atau 0,125 < 0,150, nilai posttest Lhitung < Ltabel atau 0,117 < 0,15. Pada taraf signifikansi 95%, uji homogen menghasilkan data dengan fhitung sebesar 1,4137 dan ftabel sebesar 1,89. Artinya data pretest dan postes homogen atau mempunyai varian yang sama, jika fhitung < ftabel yaitu 1,4137 < 1,89. Dengan thitung masing-masing sebesar 18,86 dan ttabel sebesar 1,668 maka data tersebut digunakan untuk menguji hipotesis. Karena thitung > ttabel atau 18,86>1,668 pada taraf signifikansi 95%, dan dk = n1 + n2 – 2 = 36+36- 2 = 70, maka ditetapkan Ha diterima dan H0 ditolak. Kata kunci: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Small Group Discussion; Pembelajaran Reward.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/judika.v13i1.60179

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.