BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI UMUM KELAS XI MPLB DI SMK NEGERI 7 MEDAN TA.2023/2024

Authors

  • Ridha Lasthree Putri

DOI:

https://doi.org/10.24114/judika.v13i1.69629

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Self Regulated Learning dan Kreativitas Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Umum Kelas XI MPLB di SMK Negeri 7 Medan TA 2023/2024. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar siswa kelas XI MPLB dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Umum. Jenis penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MPLB di SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 207 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan ukuran sampel yang digunakan sebanyak 67 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Metode analisis data menggunakan analisis uji deskriptif klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi meliputi analisis regresi linier berganda, uji hipotesis penelitian meliputi uji F dan uji t, dan koefisien determinasi (R2). Data yang telah dikumpulkan diolah menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Self Regulated Learning dan Kreativitas Belajar secara bersama-sama atau simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Pengantar Administrasi Umum Siswa Kelas XI MPLB di SMK Negeri 7 Medan dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel 68.423> 3,14 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05.

Downloads

Published

2025-06-05