KEMAMPUAN GURU MELAKUKAN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN MELALUI INTERNALISASI NILAI KEJUJURAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Abstract
Kemampuan guru melakukan penilaian dalam proses pembelajaran PKn sudah terlaksana cukup baik. Bahwa mereka sudah melakukan penilaian dalam proses pembelajaran, dari kegiatan awal, kegiatan inti sampai kegiatan akhir. Kurangnya perhatian guru terhadap pembuatan RPP ini mengisyaratkan bahwa proses perencanaan pembelajaran masih belum sempurna. Karena penyusunan rencana pembelajaran merupakan suatu bagian terpenting dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. Untuk guru RPP tersebut merupakan acuan atau skenario yang harus dilalui tahap demi tahap dalam memberikan materi kepada siswa. Dengan uraian-uraian di atas, kiranya dapat disimpulkan bahwa guru PKn telah melaksanakan penilaian proses pembelajaran sebagaimana mestinya, meskipun masih terdapat kekurangan-kekurangan yang dikarenakan masih terbatasnya kemampuan guru dalam pembuatan perencanaan penilaian maupun pelaksanaan penilaian. Oleh karena itu, perlu strategi yang tepat dalam menginternalisasikan nilai kejujuran terhadap siswa. Hal tersebut menggambarkan strategi dan langkah-langkah menginternalisasikan nilai kejujuran oleh guru mata pelajaran PKn. PKn sebagai salah satu mata pelajaran wajib disekolah merupakan mata pelajaran yang mengajarkan pentingnya penenaman nilai-nilai karakter pada peserta didik. PKn mempunyai peran yang vital menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai tersebut.
DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1116
Article Metrics
Abstract view : 1773 timesPDF - 572 times PDF - 1092 times
DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1116.g875
DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i2.1116.g889
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License