KAJIAN RAGAM BAHASA SLOGAN PADA PAPAN REKLAME DI KOTA MEDAN (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

SUSI LESTARI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena
penggunaan bahasa dalam slogan yang terdapat pada papan reklame di
kota Medan dan menggambarkan ragam bahasa dalam slogan yang
terdapat pada papan reklame di kota Medan. Data dalam penelitian ini
diperoleh dengan teknik dokumentasi berupa foto.Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan
dalam slogan merupakan bahasa yang singkat dan pendek.Kebanyakan
slogan tidak mengindahkan unsur sintaksis dan morfologi.Hal itu
bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengingat slogan
tersebut. Slogan yang ada pada papan reklame di kota Medan pada
umumnya menggunakan bahasa Indonesia, bahasa asing yakni bahasa
Inggris, dan beberapa diantara slogan menggunakan bahasa Indonesia
yang dipadukan dengan bahasa asing. Selain itu juga terdapat slogan
yang menggunakan dialek kedaerahan tertentu.Ragam bahasa yang
digunakan dalam penulisan slogan adalah ragam bahasa usaha.Ragam
bahasa ini berada diantara ragam formal dan ragam informal.
Kata Kunci: ragam bahasa, slogan, papan reklame, penggunaan bahasa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v2i2.1005

Article Metrics

Abstract view : 1433 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 SUSI LESTARI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License