Analisis kesalahan berbahasa dalam tataran morfologi pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 40 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017

Depariani Pinem, Fitriani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan
berbahasa dalam tataran morfologi yaitu bidang afiksasi pada teks deskripsi
siswa kelas VII SMP Negeri 40 Medan. Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 40 Medan yang terdiri dari 8 kelas
dengan jumlah siswa 288. Sampel penelitian ini diambil dengan cara
random sampling yang diambil sebanyak 14% dari seluruh siswa kelas VII
atau berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk
memperolah data adalah tes essay berupa menulis teks deskripsi bertema
“Rumahku”. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan
dokumen teks deskripsi siswa. Dan kemudian dilanjut dengan
mengidentifikasi kesalahan berbahasa yang ditemukan. Hasil penelitian
kesalahan berbahasa yang ditemukan dalam teks deskripsi, aspek kesalahan
dilihat dari afiksasi yaitu kesalahan prefiks, kesalahan infiks, kesalahan
sufiks dan kesalahan konfiks. Pada teks deskripsi tersebut ditemukan
kesalahan berbahasa prefiks sebanyak 78,08%, kesalahan infiks 0% karena
tidak ditemukan kesalahan, kesalahan sufiks sebanyak 12,75%, dan
kesalahan konfiks sebanyak 8,94%.
Kata kunci : analisis kesalahan berbahasa, morfologi, teks deskripsi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v6i1.10811

Article Metrics

Abstract view : 779 times
PDF - 3994 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Depariani Pinem, Fitriani Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License