ANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA PEMBEDA PADA BUTIR TES SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS XII SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis tingkat kesukaran,
daya pembeda dan distribusi tingkat kesulitan soal berdasarkan Taksonomi
Bloom pada butir tes soal Ujian Tengah Semester.Adapun sampel sasaran uji
coba dalam penelitian ini yaitu soal Ujian Tengah Semester bahasa Indonesia
kelas XII SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Metode
penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kuantitatif.Berdasarkan hasil pengolahan data yang didapat, hasil uji coba
validitas menyatakan bahwa dari 25 soal Ujian Tengah Semester terdapat 20 soal
yang valid atau sebanyak (80%) dan 5 soal yang dinyatakan tidak valid atau
sebanyak (20%). Sedangkan hasil uji coba reliabilitas menyatakan bahwa soal
merupakan soal yang reliabel dengan ≥ 0724, 0,663 maka soal yang diujikan
memiliki reliabilitas yang tinggi. Setelah melaksanakan kedua uji coba tersebut
maka disimpulkan bahwa butir soal masih belum memenuhi distribusi
pembagian.
Hal ini dilihat dari tingkat kesukaran soal Ujian Tengah Semester yang dibuat
oleh guru dan dilaksakan di SMA Negeri 7 Medan merupakan kategori sedang
sebesar 60% dan daya pembeda soal dikategorikan ke dalam kategori cukup dan
baik yang memiliki proporsi pembagian yang sama sebesar 36%. Hasil
pembagian distribusi tingkat kesulitan soal berdasarkan Taksonomi Bloom
belum memenuhi kriteria, dikarenakan soal tersebut lebih banyak tergolong
dalam kategori Pemahaman (C2) dan Aplikasi (C3) yaitu sebesar 40%.
Kata kunci: analisis soal, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan taksonomi
Bloom
daya pembeda dan distribusi tingkat kesulitan soal berdasarkan Taksonomi
Bloom pada butir tes soal Ujian Tengah Semester.Adapun sampel sasaran uji
coba dalam penelitian ini yaitu soal Ujian Tengah Semester bahasa Indonesia
kelas XII SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Metode
penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kuantitatif.Berdasarkan hasil pengolahan data yang didapat, hasil uji coba
validitas menyatakan bahwa dari 25 soal Ujian Tengah Semester terdapat 20 soal
yang valid atau sebanyak (80%) dan 5 soal yang dinyatakan tidak valid atau
sebanyak (20%). Sedangkan hasil uji coba reliabilitas menyatakan bahwa soal
merupakan soal yang reliabel dengan ≥ 0724, 0,663 maka soal yang diujikan
memiliki reliabilitas yang tinggi. Setelah melaksanakan kedua uji coba tersebut
maka disimpulkan bahwa butir soal masih belum memenuhi distribusi
pembagian.
Hal ini dilihat dari tingkat kesukaran soal Ujian Tengah Semester yang dibuat
oleh guru dan dilaksakan di SMA Negeri 7 Medan merupakan kategori sedang
sebesar 60% dan daya pembeda soal dikategorikan ke dalam kategori cukup dan
baik yang memiliki proporsi pembagian yang sama sebesar 36%. Hasil
pembagian distribusi tingkat kesulitan soal berdasarkan Taksonomi Bloom
belum memenuhi kriteria, dikarenakan soal tersebut lebih banyak tergolong
dalam kategori Pemahaman (C2) dan Aplikasi (C3) yaitu sebesar 40%.
Kata kunci: analisis soal, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan taksonomi
Bloom
DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v6i1.10814
Article Metrics
Abstract view : 1167 timesPDF - 7076 times PDF - 19395 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Lenny Hartaty Lumbanraja, Syahnan Daulay
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License