KEMAMPUAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 MEDAN MENULIS TEKS NEGOSIASITAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas X
SMA Negeri 6 Medan menulis teks negosiasi tahun pembelajaran
2017/2018.Hasil menunjukkan ditemukan bahwa kemampuan siswa
dalam menulis teks negosiasi tergolong cukup. Pada tabel uji kategori
dilihat dari 36 teks negosiasi siswa yang dijadikan sumber data
penelitian, tidak ada siswa yang berada pada rentang skor 0-30
termasuk dalam kategori sangat kurang, sebanyak 9 (25%) siswa
berada pada rentang nilai 85-100 termasuk dalam kategori sangat baik,
7 (19,44%) siswa berada pada rentang nilai 70-84 termasuk dalam
kategori baik, 16 (44,44%) siswa berada pada rentang nilai 55-69
termasuk dalam kategori cukup,4 (11,11%) siswa berada pada rentang
nilai 40-55 termasuk dalam kategori kurang. Dengan demikian
persentase tertinggi adalah kategori cukup. Berdasarkan pengamatan
ini, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis
teks negosiasi masih dalam kategori cukup. Hal ini disebabkan karena
kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi masih tergolong
cukup dalam memahami struktur dan ciri kebahasaan teks negosiasi,
sehingga pemahaman akan struktur dan ciri kebahasaan teks
negosiasiyang baik dan benar masih cukup. Hal ini yang terjadi pada
siswa kelas X SMA Negeri 6 Medan.
Kata Kunci: kemampuan siswa,menulis teks negosiasi,struktur,
ciri kebahasaan.
SMA Negeri 6 Medan menulis teks negosiasi tahun pembelajaran
2017/2018.Hasil menunjukkan ditemukan bahwa kemampuan siswa
dalam menulis teks negosiasi tergolong cukup. Pada tabel uji kategori
dilihat dari 36 teks negosiasi siswa yang dijadikan sumber data
penelitian, tidak ada siswa yang berada pada rentang skor 0-30
termasuk dalam kategori sangat kurang, sebanyak 9 (25%) siswa
berada pada rentang nilai 85-100 termasuk dalam kategori sangat baik,
7 (19,44%) siswa berada pada rentang nilai 70-84 termasuk dalam
kategori baik, 16 (44,44%) siswa berada pada rentang nilai 55-69
termasuk dalam kategori cukup,4 (11,11%) siswa berada pada rentang
nilai 40-55 termasuk dalam kategori kurang. Dengan demikian
persentase tertinggi adalah kategori cukup. Berdasarkan pengamatan
ini, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis
teks negosiasi masih dalam kategori cukup. Hal ini disebabkan karena
kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi masih tergolong
cukup dalam memahami struktur dan ciri kebahasaan teks negosiasi,
sehingga pemahaman akan struktur dan ciri kebahasaan teks
negosiasiyang baik dan benar masih cukup. Hal ini yang terjadi pada
siswa kelas X SMA Negeri 6 Medan.
Kata Kunci: kemampuan siswa,menulis teks negosiasi,struktur,
ciri kebahasaan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v6i1.10815
Article Metrics
Abstract view : 293 timesPDF - 1482 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Fauzah Afifah Lubis, Rosmaini Rosmaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License