PENGARUH MEDIA SILENT FILM TERHADAP KEMAMPUAN MENULI S NASKAH DRAMA SATU BABAK OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Silent Film
terhadap kemampuan menulis naskah drama satu babak oleh siswa kelas XI
SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2107. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang
berjumlah 185 orang. Dari populasi ini diambil sampel yang terdiri dari 37
orang . Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi
seluruh kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Dan diperoleh sampel yaitu kelas XI
IA 1 sebagai kelas Eksperimen dan XI IA 2 sebagai kelas Kontrol .Metode
penelitian yang digunakan adalah model desain penelitian Two-Group Posttest Only Design yang hanya dilakukkan pada dua kelas. Dari pengelolahan
data, diperoleh nilai tertinggi kemampuan dalam menulis naskah
drama dengan menggunakan media Silent Film adalah 90 dan nilai terendah
65. Dengan demikian, nilai rata-rata kemampuan menulis naskah drama
dengan menggunakan media Silent Film adalah sebesar 77 dengan kategori
baik dengan simpangan baku 74.Nilai tertinggi kemampuan menulis naskah
drama satu babak dengan media konvensional 80 dan nilai terendah adalah 55.
Dengan demikian, nilai rata-rata kemampuan menulis naskah drama 68
dengan kategori cukup dan simpangan baku sebesar 7,67 Adapun perbedaan
hasil belajar menulis naskah drama satu babak dengan menggunakan media
Silent Film dan tanpa menggunakan media film dalam meningkatkan
kemampuan menulis naskah drama. Hasil peningkatan menulis naskah drama
satu babak dengan media Silent Film lebih baik dibandingkan dengan hasil
peningkatan menulis naskah drama satu babak tanpa menggunakan media
film.
Kata Kunci :Silent Film, Kemampuan menulis, Naskah drama satu babak
terhadap kemampuan menulis naskah drama satu babak oleh siswa kelas XI
SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2107. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang
berjumlah 185 orang. Dari populasi ini diambil sampel yang terdiri dari 37
orang . Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi
seluruh kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Dan diperoleh sampel yaitu kelas XI
IA 1 sebagai kelas Eksperimen dan XI IA 2 sebagai kelas Kontrol .Metode
penelitian yang digunakan adalah model desain penelitian Two-Group Posttest Only Design yang hanya dilakukkan pada dua kelas. Dari pengelolahan
data, diperoleh nilai tertinggi kemampuan dalam menulis naskah
drama dengan menggunakan media Silent Film adalah 90 dan nilai terendah
65. Dengan demikian, nilai rata-rata kemampuan menulis naskah drama
dengan menggunakan media Silent Film adalah sebesar 77 dengan kategori
baik dengan simpangan baku 74.Nilai tertinggi kemampuan menulis naskah
drama satu babak dengan media konvensional 80 dan nilai terendah adalah 55.
Dengan demikian, nilai rata-rata kemampuan menulis naskah drama 68
dengan kategori cukup dan simpangan baku sebesar 7,67 Adapun perbedaan
hasil belajar menulis naskah drama satu babak dengan menggunakan media
Silent Film dan tanpa menggunakan media film dalam meningkatkan
kemampuan menulis naskah drama. Hasil peningkatan menulis naskah drama
satu babak dengan media Silent Film lebih baik dibandingkan dengan hasil
peningkatan menulis naskah drama satu babak tanpa menggunakan media
film.
Kata Kunci :Silent Film, Kemampuan menulis, Naskah drama satu babak
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v6i1.10817
Article Metrics
Abstract view : 277 timesPDF - 252 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Merlin Shinta Yohana Gultom, Joharis Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License