PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar berseri terhadap
kemampuan menulis teks cerita pendek. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 343 siswa.
Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XI IPA 4 yang berjumlah 34 siswa. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain
penelitiannya adalah one group pre-test post-test design.Instrumen yang digunakan untuk
menjaring data adalah tes esai.Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu
uji normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh: rata-rata pre-test sebesar
66,32 dengan standar deviasi 9,21, sedangkan rata-rata post-test sebesar 77,79 dengan standar
deviasi 8,59. Hasil perhitungan uji normalitas: data pre-test diperoleh harga Lhitung =
0,134dan Ltabel=0,1519. Ternyata < (0,134 <0,1519). Hal ini menunjukkan
bahwa data pre-test berdistribusi normal. Data post-test diperoleh harga Lhitung = 0,0806dan
Ltabel =0,1519. Ternyata < (0,0806 <0,1519). Hal ini menunjukkan bahwa
data post-test berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas data dilakukan uji F. Hasil
perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,14sedangkan Ftabel = 1,80 untuk = 0,05, dk=
34 orang. Ternyata, Fhitung<Ftabelyakni 1,14< 1,80. Hal ini membuktikan bahwa sampel
berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan
uji“t”. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung = 5,2, sedangkan ttabel = 2,03. Karena
thitungyang diperoleh lebih besar dari ttabelyaitu 5,2> 2,03. Hal ini membuktikan bahwa media
gambar berseri berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek oleh
siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/ 2017.
Kata Kunci:GambarBerseri, Menulis, Teks Cerita Pendek.
kemampuan menulis teks cerita pendek. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 343 siswa.
Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XI IPA 4 yang berjumlah 34 siswa. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain
penelitiannya adalah one group pre-test post-test design.Instrumen yang digunakan untuk
menjaring data adalah tes esai.Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu
uji normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh: rata-rata pre-test sebesar
66,32 dengan standar deviasi 9,21, sedangkan rata-rata post-test sebesar 77,79 dengan standar
deviasi 8,59. Hasil perhitungan uji normalitas: data pre-test diperoleh harga Lhitung =
0,134dan Ltabel=0,1519. Ternyata < (0,134 <0,1519). Hal ini menunjukkan
bahwa data pre-test berdistribusi normal. Data post-test diperoleh harga Lhitung = 0,0806dan
Ltabel =0,1519. Ternyata < (0,0806 <0,1519). Hal ini menunjukkan bahwa
data post-test berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas data dilakukan uji F. Hasil
perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,14sedangkan Ftabel = 1,80 untuk = 0,05, dk=
34 orang. Ternyata, Fhitung<Ftabelyakni 1,14< 1,80. Hal ini membuktikan bahwa sampel
berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan
uji“t”. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung = 5,2, sedangkan ttabel = 2,03. Karena
thitungyang diperoleh lebih besar dari ttabelyaitu 5,2> 2,03. Hal ini membuktikan bahwa media
gambar berseri berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek oleh
siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/ 2017.
Kata Kunci:GambarBerseri, Menulis, Teks Cerita Pendek.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v6i2.10820
Article Metrics
Abstract view : 551 timesPDF - 347 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Nurhayati Nurhayati, Trisnawati Hutagalung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License