STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN OLEH SISWA KELAS X SMK MULTI KARYA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Teks anekdot adalah sebuah cerita singkat yang menarik karena lucu
dan mengesankan. Sesuai dengan Silabus Kurikulum 2013 Edisi
Revisi 2016, materi anekdot diajarkan pada jenjang SMA/SMK/MA
kelas X maka penelitian ini dilaksanakan pada tingkat SMK kelas X.
Tuntutan akan kemampuan siswa dalam memproduksi teks anekdot
tertera pada kompetensi dasar 3.6 menganalisis struktur dan
kebahasaan teks anekdot dan kompetensi dasar 4.6 menciptakan
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan
baik lisan maupun tulis. Penelitian mengenai teks anekdot ini
dilaksanakan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan siswa
dalam memproduksi teks anekdot berdasarkan struktur dan kaidah
kebahasaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif
kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 39 orang siswa dan
data dalam penelitian ini adalah 39 teks anekdot yang dihasilkan oleh
siswa kelas X SMK Multi Karya. Dari hasil penelitian diperoleh
bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa kelas X SMK Multi Karya
dalam memproduksi teks anekdot yaitu 80,64 dan berada pada
kategori baik. Dengan kata lain siswa mampu untuk memproduksi
teks anekdot dengan baik berdasarkan pada struktur dan kaidah
kebahasaan. Nilai rata-rata aspek kemampuan memproduksi teks
anekdot berdasarkan struktur teks adalah 96,41 dan nilai rata-rata
aspek kemampuan memproduksi teks anekdot berdasarkan kaidah
kebahasaan adalah 67,53.
Kata kunci: kemampuan, memproduksi, anekdot
dan mengesankan. Sesuai dengan Silabus Kurikulum 2013 Edisi
Revisi 2016, materi anekdot diajarkan pada jenjang SMA/SMK/MA
kelas X maka penelitian ini dilaksanakan pada tingkat SMK kelas X.
Tuntutan akan kemampuan siswa dalam memproduksi teks anekdot
tertera pada kompetensi dasar 3.6 menganalisis struktur dan
kebahasaan teks anekdot dan kompetensi dasar 4.6 menciptakan
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan
baik lisan maupun tulis. Penelitian mengenai teks anekdot ini
dilaksanakan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan siswa
dalam memproduksi teks anekdot berdasarkan struktur dan kaidah
kebahasaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif
kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 39 orang siswa dan
data dalam penelitian ini adalah 39 teks anekdot yang dihasilkan oleh
siswa kelas X SMK Multi Karya. Dari hasil penelitian diperoleh
bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa kelas X SMK Multi Karya
dalam memproduksi teks anekdot yaitu 80,64 dan berada pada
kategori baik. Dengan kata lain siswa mampu untuk memproduksi
teks anekdot dengan baik berdasarkan pada struktur dan kaidah
kebahasaan. Nilai rata-rata aspek kemampuan memproduksi teks
anekdot berdasarkan struktur teks adalah 96,41 dan nilai rata-rata
aspek kemampuan memproduksi teks anekdot berdasarkan kaidah
kebahasaan adalah 67,53.
Kata kunci: kemampuan, memproduksi, anekdot
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v6i2.10821
Article Metrics
Abstract view : 437 timesPDF - 310 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ratna Juwita, Basyaruddin Basyaruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License