PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS KELAS XI SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Risma Tulan Sinurat, Syahnan Daulay

Abstract


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik
(LKPD) untuk pembelajaran teks eksplansi kompleks siswa kelas XI SMA Negeri 20
Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.Tergolong dalam kategori “Sangat Baik”. Dapat
dilihat dari hasil rata-rata penilaian tim ahli materi yang memperoleh skor 87,7% yang
dapat dikategorikan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kelayakan isi materi,
kelayakan penyajian, kelayakan bahasa. Hasil dari penilaian tim ahli desain memperoleh
skor 92% yang dikategotikan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kelayakan
kegrafikan LKPD. Dan hasil penilaian dari materi selaku guru bidang studi memperoleh
skor 87,7%yang dapat dikategorikan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari
kelayakan isi materi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa. Dan diperkuat dari hasil
uji coba produk pada uji coba kelompok kecil yang mencapai skor 80,73% dan uji coba
kelompok besar dengan skor 82,41% yang dapat dikategorikan sangat baik. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) pada
pembelajaran teks eksplanasi kompleks layak dan efektif digunakan.
Kata kunci :Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Model Plom, Teks
Eksplanasi Kompleks.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v6i2.10822

Article Metrics

Abstract view : 856 times
PDF - 349 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Risma Tulan Sinurat, Syahnan Daulay

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License