PEMBELAJARAN DEBAT KOMPETITIF SEBAGAI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
debat kompetitif terhadap kemampuan berbicara siswa kelas X
SMA Negeri 20 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Dari
182 siswa, ditetapkan 38 siswa orang sebagai sampel secara
random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen one-group pre-test post-test design.
Instrumen yang digunakan untuk menjaring data berbentuk
penilaian unjuk kerja/skala penilaian. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Data yang diperoleh
menunjukkan bahwa kemampuan siswa berbicara sebelum
pembelajaran debat kompetitif masuk dalam kategori kurang
baik dengan nilai rata-rata 57,38 sedangkan setelah diadakan
pembelajaran debat kompetitif termasuk dalam kategori baik
dengan nilai rata-rata 74,33. Selanjutnya pengujian hipotesis
menunjukkan thitung> ttabel yaitu 9,74 > 2,03 pada taraf signifikan
= 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho)
ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima .
Kata Kunci:Kemampuan Berbicara, SMA Negeri 20 Medan
debat kompetitif terhadap kemampuan berbicara siswa kelas X
SMA Negeri 20 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Dari
182 siswa, ditetapkan 38 siswa orang sebagai sampel secara
random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen one-group pre-test post-test design.
Instrumen yang digunakan untuk menjaring data berbentuk
penilaian unjuk kerja/skala penilaian. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Data yang diperoleh
menunjukkan bahwa kemampuan siswa berbicara sebelum
pembelajaran debat kompetitif masuk dalam kategori kurang
baik dengan nilai rata-rata 57,38 sedangkan setelah diadakan
pembelajaran debat kompetitif termasuk dalam kategori baik
dengan nilai rata-rata 74,33. Selanjutnya pengujian hipotesis
menunjukkan thitung> ttabel yaitu 9,74 > 2,03 pada taraf signifikan
= 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho)
ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima .
Kata Kunci:Kemampuan Berbicara, SMA Negeri 20 Medan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v6i2.10823
Article Metrics
Abstract view : 200 timesPDF - 390 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Rumanti Nainggolan, Basyaruddin Basyaruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License