KEMAMPUAN MENULIS PANTUN OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA AL-IHSAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis
pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun oleh siswa kelas VII
SMP Swasta Al-Ihsan Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta
Al-Ihsan Medan tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 36
siswa. Sampel diambil dari semua subjek populasi sebab subjek di
dalam penelitian ini kurang dari 100 orang. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif-deskriptif. Data dari
penelitian dianalisis dengan menggunakan setiap aspek dari pantun
yang menjadi indikator penilaian pada penelitian ini. Bentuk latihan
yang dilakukan berupa tes menulis pantun dengan tema
persahabatan. Dari 36 siswa yang diteliti diperoleh data-data
penilaian untuk setiap aspek yaitu aspek kesesuaian tema sebesar
88,86 (berada pada tingkat sangat baik), aspek jumlah baris dalam
satu bait sebesar 100 (berada pada tingkat sangat baik), aspek
jumlah suku kata tiap baris sebesar 76,67 (berada pada tingkat
baik), aspek sajak a-b-a-b sebesar 60,95 (berada pada tingkat
kategori cukup), aspek kesesuaian baris sampiran dan isi sebesar
77,22 (berada pada tingkat baik), dan yang terakhir adalah aspek
keaslian ide/gagasan sebesar 62,77 (berada pada tingkat cukup).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan
menulis pantun oleh siswa kelas VII SMP Swasta Al-Ihsan Medan
tahun pembelajaran 2016/2017 sebesar 74,16 yang dapat
dikategorikan baik.
Kata kunci: Deskriptif Kuantitatif, Menulis Pantun.
pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun oleh siswa kelas VII
SMP Swasta Al-Ihsan Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta
Al-Ihsan Medan tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 36
siswa. Sampel diambil dari semua subjek populasi sebab subjek di
dalam penelitian ini kurang dari 100 orang. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif-deskriptif. Data dari
penelitian dianalisis dengan menggunakan setiap aspek dari pantun
yang menjadi indikator penilaian pada penelitian ini. Bentuk latihan
yang dilakukan berupa tes menulis pantun dengan tema
persahabatan. Dari 36 siswa yang diteliti diperoleh data-data
penilaian untuk setiap aspek yaitu aspek kesesuaian tema sebesar
88,86 (berada pada tingkat sangat baik), aspek jumlah baris dalam
satu bait sebesar 100 (berada pada tingkat sangat baik), aspek
jumlah suku kata tiap baris sebesar 76,67 (berada pada tingkat
baik), aspek sajak a-b-a-b sebesar 60,95 (berada pada tingkat
kategori cukup), aspek kesesuaian baris sampiran dan isi sebesar
77,22 (berada pada tingkat baik), dan yang terakhir adalah aspek
keaslian ide/gagasan sebesar 62,77 (berada pada tingkat cukup).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan
menulis pantun oleh siswa kelas VII SMP Swasta Al-Ihsan Medan
tahun pembelajaran 2016/2017 sebesar 74,16 yang dapat
dikategorikan baik.
Kata kunci: Deskriptif Kuantitatif, Menulis Pantun.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v6i3.10826
Article Metrics
Abstract view : 438 timesPDF - 480 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Rahmah Hidayani, Syamsul Arif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License