PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DENGAN TEKNIK PEMBERIAN TUGASTERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTS AL-JAMI’YATUL WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media
audiovisual dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan menulis
teks eksplanasi. populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
MTs Al-Jami’yatul Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2017/2018
yang berjumlah 373 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas
VIII-2 yang berjumlah 37 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah essay test.
Dari uji data hasil pre-test dan post-test didapat kedua hasil berdistribusi
normal. Dari uji homogenitas didapat t0sebesar 11,47. Selanjutnya setelah
t0diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan
5% dengan df=N-1=37-1=36. Dari df=36 diperoleh taraf signifikan 5% =
2,02, karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 11,47 > 2,02, maka
hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh signifikan atas penerapan media audiovisual dengan teknik
pemberian tugas terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi di MTs AlJami’yatul Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Media Audiovisual, Teknik Pemberian Tugas, Teks
Eksplanasi
audiovisual dengan teknik pemberian tugas terhadap kemampuan menulis
teks eksplanasi. populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
MTs Al-Jami’yatul Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2017/2018
yang berjumlah 373 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas
VIII-2 yang berjumlah 37 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah essay test.
Dari uji data hasil pre-test dan post-test didapat kedua hasil berdistribusi
normal. Dari uji homogenitas didapat t0sebesar 11,47. Selanjutnya setelah
t0diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan
5% dengan df=N-1=37-1=36. Dari df=36 diperoleh taraf signifikan 5% =
2,02, karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 11,47 > 2,02, maka
hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh signifikan atas penerapan media audiovisual dengan teknik
pemberian tugas terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi di MTs AlJami’yatul Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Media Audiovisual, Teknik Pemberian Tugas, Teks
Eksplanasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v6i3.10828
Article Metrics
Abstract view : 355 timesPDF - 214 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Eva Muliana Berutu, Tangson Rudolf Pangaribuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License