TELAAH SOAL DAN ANALISIS TINGKAT KESUKARAN BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP SWASTA MULIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Nurul Novianti, Tiur Asi Siburian

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Mulia Medan pada tahun
pembelajaran 2016/2017. Khusus kelas VII, sekolah ini sudah
menggunakan Kurikulum 2013 Edisi Revisi sebagai acuan atau dasar
dalam menjalankan kegiatan pembelajaran Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan kesesuaian butir soal ujian semster ganjil kelas VII SMP
dengan indikator, kesesuaian isi dan bahasa dengan kaidah penulisan soal
esai dan mendeskripsikan tingkat kesukaran soal yang dibuat guru.
Instrumen penelitian ini ialah tabel telaah soal dan kriteria tingkat
kesukaran soal. Sumber data penelitian ini adalah soal ujian, lembar
jawaban siswa dan kisi-kisi soal. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan metode studi dokumentasi. Menghitung tingkat
kesukaran soal menggunakan cara manual. Hasil dari pengolahan data
dilihat dari aspek kesesuaian soal dengan indikator menunjukkan seluruh
soal sesuai dengan indikator, dari aspek isi materi, dan bahasa secara
keseluruhan sudah baik namun terdapat satu soal yang harus direvisi yaitu
soal nomor 8, kata bahasa diubah menjadi kebahasaan. Kemudian hasil
perhitungan data tingkat kesukaran soal menunjukkan soal dengan
kategori sukar berjumlah 2 soal atau 16,7% dari jumlah soal, kategori
sedang berjumlah 3 soal atau 25% dan soal dengan kategori mudah
berjumlah 7 soal atau 66,6%.
Kata kunci: telaah soal, dan analisis tingkat kesukaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v6i3.10830

Article Metrics

Abstract view : 951 times
PDF - 579 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nurul Novianti, Tiur Asi Siburian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License