EFEKTIVITAS TEKNIK MEMBACA INTENSIF DALAM PENCAPAIAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA (KEM) TEKS BERITA SISWA KELAS XI SMA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian yang telahdilakukanini membahas mengenai
keefektifansuatuteknikmembacayakni, Teknik Membaca
Intensif dalam Pencapaian Kecepatan Efektif Membaca (KEM)
teks Berita Siswa yang ditelitipadasiswa Kelas XI SMA
Parulian 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120
siswa kelas XI SMA Parulian 1 Medan. Adapun sampel dalam
penelitian ini berjumlah 40 orang yang diambil dengan
menggunakan teknik pengambilan sampel kluster random
sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data
adalah tes pilihan berganda. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan menggunakan uji “t”.
Setelahmelakukan pengolahan data, makadiperoleh nilai ratarata pre-test = 40, standar deviasi = 13,23. Dalam
pengkategorian nilai pre-test, kategori sangat baik tidak ada
atau 0 %, kategori baik sebanyak 2,5 %, kategori cukup
sebanyak 10%, kategori kurang sebanyak 52,5% dan kategori
sangat kurang sebanyak 35%. Sedangkan nila rata-rata post-test
sudah mencapai nilai 80. Dalam pengkategorian nilai post-test,
kategori sangat baik sebanyak 50%, kategori baik sebanyak
42,5%, kategori cukup sebanyak 5%, kategori kurang sebanyak
2,5% dan kategori sangat kurang 0%. Berdasarkan uji
normalitas, hasil Pre-test dan Post-test berdistribusi normal.
Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa
sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji
homogenitas dan uji normalitas dilakukan, maka diketahui
sebesar 13,84 selanjutnya tersebut dikonsultasikan dengan
tabel t dengan taraf signifikansi α = 5% dengan satu pihak
dimana dk = (N-1) maka = 2,021 sehingga jika
dibandingkan dengan maka > (13,84>2,021)
maka hipotesis nihil () ditolak dan hipotesis alternatif ()
diterima.
Kata kunci: Efektivitas, Teknik Membaca Intensif dan KEM
keefektifansuatuteknikmembacayakni, Teknik Membaca
Intensif dalam Pencapaian Kecepatan Efektif Membaca (KEM)
teks Berita Siswa yang ditelitipadasiswa Kelas XI SMA
Parulian 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120
siswa kelas XI SMA Parulian 1 Medan. Adapun sampel dalam
penelitian ini berjumlah 40 orang yang diambil dengan
menggunakan teknik pengambilan sampel kluster random
sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data
adalah tes pilihan berganda. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan menggunakan uji “t”.
Setelahmelakukan pengolahan data, makadiperoleh nilai ratarata pre-test = 40, standar deviasi = 13,23. Dalam
pengkategorian nilai pre-test, kategori sangat baik tidak ada
atau 0 %, kategori baik sebanyak 2,5 %, kategori cukup
sebanyak 10%, kategori kurang sebanyak 52,5% dan kategori
sangat kurang sebanyak 35%. Sedangkan nila rata-rata post-test
sudah mencapai nilai 80. Dalam pengkategorian nilai post-test,
kategori sangat baik sebanyak 50%, kategori baik sebanyak
42,5%, kategori cukup sebanyak 5%, kategori kurang sebanyak
2,5% dan kategori sangat kurang 0%. Berdasarkan uji
normalitas, hasil Pre-test dan Post-test berdistribusi normal.
Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa
sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji
homogenitas dan uji normalitas dilakukan, maka diketahui
sebesar 13,84 selanjutnya tersebut dikonsultasikan dengan
tabel t dengan taraf signifikansi α = 5% dengan satu pihak
dimana dk = (N-1) maka = 2,021 sehingga jika
dibandingkan dengan maka > (13,84>2,021)
maka hipotesis nihil () ditolak dan hipotesis alternatif ()
diterima.
Kata kunci: Efektivitas, Teknik Membaca Intensif dan KEM
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v6i4.10834
Article Metrics
Abstract view : 301 timesPDF - 159 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Sabrina Silaban, Rumasi Simaremare
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License