PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIBABANGUN KABUPATEN TAPANULI TENGAH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri
terhadap kemampuan menulistekscerita pendek. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibabangun Tahun Pembelajaran 2014/2015
yang berjumlah 134 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas
VII-A yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan adalah metode
eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes esai.Dari pengolahan data
menunjukkan bahwa kemampuan menulistekseksposisi siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Sibabangun Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan
model pembelajaran Inkuiri di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukup
dengan nilai rata-rata = 65,9, standar deviasi = 13,56 sedangkan kemampuan
menulistekscerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 1Sibabangun Tahun
Pembelajaran 2014/2015 setelah menggunakan model pembelajaran Inkuirimasuk
ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 76,25, standar deviasi = 10,43. Dari
uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat
bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji
normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 2,64. Selanjutnya to diketahui,
kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-
1=20-1=19 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,09, karena to yang diperoleh lebih
besar dari tabel yaitu 2,64 > 2,09, maka hipotesis diterima.Akhirnya dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model
pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan menulis teks cerita pendekoleh siswa
kelas VII SMP Negeri 1 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun
Pembelajaran 2014/2015.
Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Teks Cerita Pendek.
terhadap kemampuan menulistekscerita pendek. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibabangun Tahun Pembelajaran 2014/2015
yang berjumlah 134 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas
VII-A yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan adalah metode
eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes esai.Dari pengolahan data
menunjukkan bahwa kemampuan menulistekseksposisi siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Sibabangun Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan
model pembelajaran Inkuiri di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukup
dengan nilai rata-rata = 65,9, standar deviasi = 13,56 sedangkan kemampuan
menulistekscerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 1Sibabangun Tahun
Pembelajaran 2014/2015 setelah menggunakan model pembelajaran Inkuirimasuk
ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 76,25, standar deviasi = 10,43. Dari
uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat
bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji
normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 2,64. Selanjutnya to diketahui,
kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-
1=20-1=19 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,09, karena to yang diperoleh lebih
besar dari tabel yaitu 2,64 > 2,09, maka hipotesis diterima.Akhirnya dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model
pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan menulis teks cerita pendekoleh siswa
kelas VII SMP Negeri 1 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun
Pembelajaran 2014/2015.
Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Teks Cerita Pendek.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v6i4.10835
Article Metrics
Abstract view : 274 timesPDF - 165 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Susi Susanti Simamora, Tangson Rudolf Pangaribuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License