PENGARUH BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWAKELAS X SMK NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN PEMBELAJARAN2016/2017

Hery V Lumban Gaol, Mutsyuhito Solin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar
bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis karangan narasi
siswa kelas X SMK Negeri 1 Laguboti tahun pembelajaran
2016/2017 yang berjumlah 32 orang. Sampel penelitian ini adalah
sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada
yaitu sebanyak 104 orang siswa.Penelitian ini bersifat eksperimen
dengan model one group pre-test and post-test design.Dari
pengolahan data yang diperoleh kemampuan menulis karagan
narasi sebelum menggunakan surat kabar sebagai bahan ajar
bahasa Indonesia dengan rata-rata 67,31, sedangkan hasil
kemampuan menulis karagan narasi serelah menggunakan surat
kabar sebagai bahan ajar bahasa Indonesia diperoleh rata-rata
79,34. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini
berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan
homogenitas, didapatlah sebesar 7,38 ; setelah diketahui,
kemudian dikonsultasikan dengan , pada taraf signifikan 5%
= 2,00, karena yang diperoleh lebih besar dari yaitu
7,38>2,00, hipotesis alternatif ( ) diterima. Berdasarkan analisis
data di atas dapat disimpulkan bahan ajar bahasa Indonesia
menggunakan surat kabar berpengaruh positif terhadap
kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMK Negeri 1
Laguboti tahun pembelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Bahan Ajar Bahasa Indonesia , Menulis Karangan Narasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v6i4.10837

Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Hery V Lumban Gaol, Mutsyuhito Solin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License