ANALISIS PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan langkahlangkah konstruktivisme, inquiri, questioning, learning community,
modeling, reflection, dan authenticassessment dalam pembelajaran
menulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli Tahun
Pembelajaran 2017/2018 dan untuk mengetahui kemampuan
menulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli dengan
menggunakan model kontekstual.Sumber data dalama penelitian
ini adalah rekaman dokumentasi penerapan kontekstual yang
dilakukan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi
siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labuhan Deli.Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif.Instrument yang digunakan adalah peneliti sendiri
(human instrument). Analisis data yang dilakukan peneliti dengan
cara menganalisis penerapan langkah-langkah yang terdapat
didalam model kontekstual yang telah diterapkan oleh guru dalam
pembelajaran menulis teks deskripsi siswa. Hasil analisis peneliti
menunjukkan bahwa guru melakukan enam belas langkah dari
tujuh belas langkah yang terapat dalam model kontekstual dengan
nilai presentasi 94% dan nilai siwa dalam menulis teks deskripsi
berdasarkan struktur dan ciri kebahasaan mencapai 79,93 yang
tergolong kedalam katagori baik.
Kata Kunci: Analisis, kontekstual, deskripsi.
modeling, reflection, dan authenticassessment dalam pembelajaran
menulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli Tahun
Pembelajaran 2017/2018 dan untuk mengetahui kemampuan
menulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli dengan
menggunakan model kontekstual.Sumber data dalama penelitian
ini adalah rekaman dokumentasi penerapan kontekstual yang
dilakukan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi
siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labuhan Deli.Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif.Instrument yang digunakan adalah peneliti sendiri
(human instrument). Analisis data yang dilakukan peneliti dengan
cara menganalisis penerapan langkah-langkah yang terdapat
didalam model kontekstual yang telah diterapkan oleh guru dalam
pembelajaran menulis teks deskripsi siswa. Hasil analisis peneliti
menunjukkan bahwa guru melakukan enam belas langkah dari
tujuh belas langkah yang terapat dalam model kontekstual dengan
nilai presentasi 94% dan nilai siwa dalam menulis teks deskripsi
berdasarkan struktur dan ciri kebahasaan mencapai 79,93 yang
tergolong kedalam katagori baik.
Kata Kunci: Analisis, kontekstual, deskripsi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v7i2.10843
Article Metrics
Abstract view : 217 timesPDF - 252 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Marta Diana Br Pa, Mutsyuhito Solin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License