PENGARUHMEDIA KARIKATURTERHADAPKEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMANEGERI11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media
karikatur terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X
SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.Populasi
penelitian ini berjumlah 350 siswa.Dari 350 siswa tersebut,
ditetapkan sampel sebanyak 35 siswa yang diambil menggunakan
random sampel.Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah quasih eksperimen two group post-test design.Instrumen
yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian.Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang
diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks anekdot
siswa tanpa menggunakan media karikatur tergolong dalam
kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa
adalah 66,04, sedangkan kemampuan menulis teks anekdot siswa
dengan menggunakan media karikatur tergolong baik dengan ratarata (mean) yang diperoleh siswa 76,6. Selanjutnya uji hipotesis
menunjukkan > dan 7,23> 2,03 pada taraf signifikan α =
0,05. Dengan demikian berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya
ada pengaruh media karikatur terhadap kemampuan menulis teks
anekdot siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017.Berdasarkan analisis data di atas dapat
disimpulkan hasil pembelajaran menulis teks anekdot siswa
dengan menggunakan media karikatur berpengaruh positif
terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot.
Kata kunci: Media karikatur,teks anekdot, menulis
karikatur terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X
SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.Populasi
penelitian ini berjumlah 350 siswa.Dari 350 siswa tersebut,
ditetapkan sampel sebanyak 35 siswa yang diambil menggunakan
random sampel.Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah quasih eksperimen two group post-test design.Instrumen
yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian.Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang
diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks anekdot
siswa tanpa menggunakan media karikatur tergolong dalam
kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa
adalah 66,04, sedangkan kemampuan menulis teks anekdot siswa
dengan menggunakan media karikatur tergolong baik dengan ratarata (mean) yang diperoleh siswa 76,6. Selanjutnya uji hipotesis
menunjukkan > dan 7,23> 2,03 pada taraf signifikan α =
0,05. Dengan demikian berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya
ada pengaruh media karikatur terhadap kemampuan menulis teks
anekdot siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017.Berdasarkan analisis data di atas dapat
disimpulkan hasil pembelajaran menulis teks anekdot siswa
dengan menggunakan media karikatur berpengaruh positif
terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot.
Kata kunci: Media karikatur,teks anekdot, menulis
DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v5i3.10852
Article Metrics
Abstract view : 270 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Alvina Rizky Utami, Abdurrahman Adisaputera
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License