HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MEDANTAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir
kritis dengan kemampuan menulis teks diskusi pada Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Medan yang berjumlah 330 orang.
Sampel diambil dari populasi sebanyak 50 orang dengan teknik random
sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
korelasional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah
instrumen tes. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan untuk menjaring data
kemampuan berpikir kritis adalah instrumen tes objektif. Instrumen yang
digunakan untuk menjaring data kemampuan menulis teks diskusi adalah tes
penugasan menulis.Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama,
kemampuan berpikir kritis siswa tergolong ke dalam kategori baik( =
68,34). Kedua, kemampuan menulis teksdiskusi siswa tergolong ke dalam
kategori baik( = 78,6 ). Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara
kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan menulis teksdiskusi
siswa. Dalam hal ini, pada taraf kepercayaan 5%, thitung> ttabel (6,27> 1,68).
Kata Kunci : Kemampuan, Teks Diskusi, Berpikir Kritis, Menulis
kritis dengan kemampuan menulis teks diskusi pada Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Medan yang berjumlah 330 orang.
Sampel diambil dari populasi sebanyak 50 orang dengan teknik random
sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
korelasional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah
instrumen tes. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan untuk menjaring data
kemampuan berpikir kritis adalah instrumen tes objektif. Instrumen yang
digunakan untuk menjaring data kemampuan menulis teks diskusi adalah tes
penugasan menulis.Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama,
kemampuan berpikir kritis siswa tergolong ke dalam kategori baik( =
68,34). Kedua, kemampuan menulis teksdiskusi siswa tergolong ke dalam
kategori baik( = 78,6 ). Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara
kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan menulis teksdiskusi
siswa. Dalam hal ini, pada taraf kepercayaan 5%, thitung> ttabel (6,27> 1,68).
Kata Kunci : Kemampuan, Teks Diskusi, Berpikir Kritis, Menulis
DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v5i3.10857
Article Metrics
Abstract view : 328 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Esther Ernala, Tiur Asi Siburian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License