PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAPKEMAMPUANMENEMUKAN POKOK-POKOK BERITA YANG DIDENGAR MELALUI REKAMAN BERITA PADA SISWA KELAS VIIISMPSWASTA TUNASHARAPAN KEC. P.BATUTAHUNPEMBELAJARAN 2016/2017

Eva Catryn Sitohang, Sanggup Barus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran
STAD (Student Team Achievement Divisions) terhadap kemampuan
menemukan pokok-pokok berita yang didengar melalui rekaman berita pada
siswa kelas VIII SMP Swasta Tunas Harapan Kec.P.Batu tahun pembelajaran
2016/2017.Populasi penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Swasta
Tunas Harapan kec. P.Batu sebanyak 147 orang dan pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik acak kelas, sehingga diperoleh sampel penelitian
adalah kelas VIIIa sebanyak 40 orang.Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test dan post-test
design.Instrumen yang digunakan adalah tes menemukan pokok-pokok berita
yang didengar melalui rekaman berita. Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) adalah 63,12, standar deviasi 11,93, dan standar error 1,91 sedangkan
nilai rata-rata setelah perlakuan adalah 76,25, standar deviasi 9,07, dan
standar error 1,45. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata
menemukan pokok-pokok berita yang didengar melalui rekaman berita
setelah menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement
Divisions)lebih tinggi daripada nilai sebelum menggunakan model
pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions).Sebelum
dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan
analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis
data diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan
homogen. Pengujian hipotesis thitung = 12,72 kemudian dikonsultasikan
dengan ttabelpada taraf signifikasi 5% = 2,64. Karena thitung = 12,72> ttabel =
2,64 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran STAD (Student Team
Achievement Divisions) mempengaruhi kemampuan menemukan pokokpokok berita yang didengar melalui rekaman berita pada siswa kelas VIII
SMP Swasta Tunas Harapan Kec. P.Batu tahun pembelajaran 2016/2017.
Kata kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran STAD, Menemukan, pokokpokok berita yang didengar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v7i3.10978

Article Metrics

Abstract view : 225 times
PDF - 185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Eva Catryn Sitohang, Sanggup Barus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License