ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DAN TANDA BACA PADA TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUNPEMBELAJARAN 2016/2017

Juni Kristian Sagala, Syahnan Daulay

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan dan mengklasifikasikan bentuk kesalahan
penggunaan kalimat efektif dan tanda baca yang terdapat pada teks eksplanasi siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Labuhan Deli tahun pembelajaran 2016/2017, mendeskripsikan apa saja bentuk
kesalahan yang paling dominan yang ditemukan dalam teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Labuhan Deli. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber
data berasal dari dokumen berupa karangansiswa dan narasumber (informan) yang terdiri dari
guru bahasaIndonesia serta siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli.Penelitian dilaksanakan
dalam tiga tahap meliputi tahap prapenelitian, pelaksanaan penelitian, dan penyusunan laporan
penelitian.Simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk kesalahan penggunaan
kalimat efektif yang terdapat dalam teks eksplanasi siswa terdapat lima aspek, yaitu kesalahan
pada penggunaan kalimat yang tidak koherensi.,kesatuan, ketepatan, kehematan, dan kelogisan.
Frekuensi kesalahan pada tataran koherensi adalah sebesar 47,5%, kesalahan pada tataran
kesatuan sebesar 22,85%, kesalahan pada tataran ketepatan sebesar 7,5%, kesalahan pada
tataran kehematan sebesar 16,78% dan kesalahan pada tataran kelogisan sebesar 5,35%.
Kedua,bentuk kesalahan penggunaan tanda baca yang terdapat dalam teks eksplanasi siswa
terdapat dua aspek, yaitu kesalahan pada penggunaan tanda titik dan tanda koma . Frekuensi
kesalahan pada penggunaan tanda titik adalah sebesar 55,65% dan frekunsi kesalahan pada
penggunaan tanda koma adalah sebesar 44,34% . Ketiga kesalahan penggunaan kalimat efektif
yang paling dominan ditemukan pada teks ekplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan
Deli adalah kesalahan penggunaan ketidakhorensian dengan frekuensi sebesar 47,5%.Keempat
kesalahan penggunaan tanda baca yang paling dominan ditemukan pada teks ekplanasi siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli adalah kesalahan penggunaan tanda baca yaitu tanda
titik dengan frekuensi sebesar 55,65%.
Kata kunci: analisis kesalahan, teks eksplanasi, penggunaan kalimat efektif dan tanda baca.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v7i3.10979

Article Metrics

Abstract view : 369 times
PDF - 3620 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Juni Kristian Sagala, Syahnan Daulay

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License