ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASA INDONESIA SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis dokumen Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 7
Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan sumber
data yaitu sebanyak 9 RPP guru Bahasa Indonesia dengan Metode Penelitian
Deskriptif Kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri, tabel
kelengkapan komponen, sistematika penyusunan komponen RPP dan Pedoman
Penelahaan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen RPP yang
dibuat oleh guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 7 Medan berdasarkan
kelengkapan komponen dan sistematika penyusunan komponen RPP, yaitu.
Kelas X berskor (80,87) kategori sesuai namun penyusunan RPP belum
berdasarkan pada Permendikbud No. 22 Tahun 2016 melainkan Permendikbud
No. 103 Tahun 2014, guru kelas XI berskor (90,90) kategori sangat sesuai dan
RPP guru kelas XII berskor (98,86) kategori sangat sesuai namun RPP kelas XI
dan XII penyusunan RPP masih berdasarkan pada Permendikbud No. 103
Tahun 2014. Berdasarkan analisis kesesuaian KD yang tertera pada RPP guru
dapat disimpulkan bahwa RPP kelas X sudah berdasarkan Kurikulum 2013
Revisi, RPP kelas XI dan XII masih berdasarkan Kurikulum 2013. Hasil
analisis isi RPP berdasarkan tabel Pedoman Penelahaan RPP maka diperoleh
hasil analisis RPP guru kelas X berada pada nilai (64,44%) kategori cukup
sesuai Kurikulum 2013 Revisi, kelas XI (78,2%) dan kelas XII (84,51%) kedua
RPP berada pada kategori sesuai terhadap kurikulum 2013.
Kata kunci : RPP, Kurikulum 2013, Bahasa Indonesia
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 7
Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan sumber
data yaitu sebanyak 9 RPP guru Bahasa Indonesia dengan Metode Penelitian
Deskriptif Kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri, tabel
kelengkapan komponen, sistematika penyusunan komponen RPP dan Pedoman
Penelahaan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen RPP yang
dibuat oleh guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 7 Medan berdasarkan
kelengkapan komponen dan sistematika penyusunan komponen RPP, yaitu.
Kelas X berskor (80,87) kategori sesuai namun penyusunan RPP belum
berdasarkan pada Permendikbud No. 22 Tahun 2016 melainkan Permendikbud
No. 103 Tahun 2014, guru kelas XI berskor (90,90) kategori sangat sesuai dan
RPP guru kelas XII berskor (98,86) kategori sangat sesuai namun RPP kelas XI
dan XII penyusunan RPP masih berdasarkan pada Permendikbud No. 103
Tahun 2014. Berdasarkan analisis kesesuaian KD yang tertera pada RPP guru
dapat disimpulkan bahwa RPP kelas X sudah berdasarkan Kurikulum 2013
Revisi, RPP kelas XI dan XII masih berdasarkan Kurikulum 2013. Hasil
analisis isi RPP berdasarkan tabel Pedoman Penelahaan RPP maka diperoleh
hasil analisis RPP guru kelas X berada pada nilai (64,44%) kategori cukup
sesuai Kurikulum 2013 Revisi, kelas XI (78,2%) dan kelas XII (84,51%) kedua
RPP berada pada kategori sesuai terhadap kurikulum 2013.
Kata kunci : RPP, Kurikulum 2013, Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v7i3.10981
Article Metrics
Abstract view : 434 timesPDF - 5041 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Mei Anggriani Aruan, Fitriani Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License